Sabtu, 10 Januari 2015

Sejarah Negara Tuvalu

Tuvalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tuvalu
Bendera
MottoTuvalu mo te Atua
(Tuvalu: "Tuvalu untuk Yang Mahakuasa")
Lagu kebangsaanTuvalu mo te Atua
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Funafuti
Bahasa resmi Tuvalu, Inggris
Pemerintahan Monarki konstitusional
 -  Ratu
Gubernur Jenderal
Elizabeth II
Filoimea Telito
 -  Perdana Menteri Apisai Ielemia
Kemerdekaan
 -   - Tanggal Dari Britania Raya
1 Oktober 1978 
Luas
 -  Total 26 km2 (191)
 -  Perairan (%) dapat dihiraukan
Penduduk
 -  Perkiraan 2006 11.500 (193)
 -  Kepadatan 447/km2 (14)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
 -  Total US$12 juta (192)
 -  Per kapita US$1.100 (173)
Mata uang Dolar Australia (AUD)
Zona waktu (UTC+12)
 -  Musim panas (DST)  (UTC+12)
Ranah Internet .tv
Kode telepon 688
Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji.
Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol benar. Populasi penduduk mencapai 10.472 membuatnya menjadi negara berdaulat ketiga terpadat di dunia, dengan Vatikan City dan memiliki penduduk lebih sedikit Nauru. Tuvalu mempunyai luas daratan hanya 26 kilometer persegi. Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia, lebih besar dari Kota Vatikan denagn luas 0,44 km2 , Monako dengan luas 1,95 km2 dan Nauru dengan luas 21 km2. Tanah di Tuvalu tidak cocok untuk pertanian dan badan air yang terkurung daratan. Laguna sangat umum ditemukan di tempat ini. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.
Negara ini memperoleh kemerdekaannya pada 01 Oktober 1978 dari Pemerintahan Britania Raya (Inggris). Bentuk Pemerintahan Negara Tuvalu adalah Monarki Kontitusional, Ibukota Negara adalah Funafuti, Lagu Kebangsaan, Tuvalu Mo Te Atua, Bahasa resmi yang dipergunakan dinegara ini adalah, Bahasa Tuvalu dan Bahasa inggris, Mata Uang yang berlaku adalah Dollar Australia (AUD)
Tuvalu memiliki iklim tropis. Curah hujan sangat teratur dan pulau-pulau yang penuh air. Ada beberapa ikan dan tanaman laut yang ditemukan di lautan sekitarnya. Pohon kelapa dan pandan banyak ditemukan dalam badan air sekitarnya.

Pembagian administrasi


Peta menunjukan Tuvalu
Tuvalu di bagi menjadi 9 distrik:

Lihat pula

Pranala luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar